INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DONGENG

Nuryanto, Sidik (2015) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DONGENG. Prosiding Seminar Nasional 2015 Revolusi pendidikan Karakter Bangsa.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
full paper ap3kni.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter keberadaannya saat ini masih diperlukan untuk menghasilkan generasi yang berkarakter kuat dan cerdas. Mengingat saat ini masih banyaknya kasus rendahnya moral yang selalu mengalami peningkatan. Penguatan pendidikan karakter sejak dini sebagai langkah yang tepat untuk dapat menanggulangi hal tersebut. Mereka yang berada pada masa keemasan sehingga jika pendidikan karakter sejak dini berhasil, maka ketika dewasa kelak nilai karakter dapat diimplementasikan dalam kehidupannya. Dongeng sebagai metode penyampaian nilai karakter yang relevan dengan anak usia dini. Mereka lebih suka berimajinasi dalam menerima perkembangan moralnya. Sehubungan dengan itu, maka artikel hasil penelitian kualitatif ini mengungkap tentang tahapan internalisasi nilai karakter beserta nilai yang dibiasakan pada anak di TK Lazuardi Kamila Surakarta. Hasilnya internalisasi dimulai dari mengenal nilai, merasakan nilai dan melakukan nilai. Adapun nilai karakter berupa nilai karakter islami yang berbasis makrifatullah dan nilai karakter panduan dari pemerintah. Kata Kunci: dongeng, pendidikan karakter, anak usia dini

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Proceeding
Depositing User: Veri Setiawan
Date Deposited: 19 Dec 2016 07:00
Last Modified: 19 Dec 2016 07:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item