PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 BINADE KECAMATAN NGRAYUN PONOROGO

SULISTYOWATI , YENI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 BINADE KECAMATAN NGRAYUN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK & BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (204kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Media pembelajaran meruapakan salah satu upaya peningkatan interaksi belajar mengajar, maka para guru di SDN 2 Binade Ponorogo menggunakan beberapa media pembelajaran yaitu : Poster, digunakan pada pembelajaran PAI materi tentang tata cara berwudlu, cara salat,dll. Chart, materi secara berkelompok. Catatan di papan tulis, contoh guru memberikan tugas kepada siswa. Majalah dinding, untuk materi tentang keimanan. Papan temple, untuk memajang hasil karya siswa. Tape Recorder, Untuk lagu-lagu mareri Pendidikan Agama Islam. Peta, sebagai media pembelajaran sejarah atau kisah Nabi. Agar terlaksana suatu kegiatan yang pertama harus ada dorongan untuk melaksanakan kegiatan itu, begitu juga dalam proses belajar di SDN 2 Binade. Aspek motivasi ini sangat penting, untuk meningkatkan prestasi siswa. Siswa harus mempunyai motivasi untuk mengikuti kegiatan belajar terutama dalam proses belajar mengajar. Pada permasalahan yang ada, penelitian ini adalah bertujuan untuk : Mengetahui penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang telah digunakan di SDN 2 Binade, Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN 2 Bianade,Untuk mengetahui pengaruh penggunaaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Binade. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan metode populasi, sampel, pengumpulan data seperi dokumentasi, inteviu, angket sedangkan untuk pengolahan data menggunakan metode induktif, deduktif, dan statistik. Dari rumusan permasalahan di atas penulis mendapat jawaban melalui interviu, dokumentasi dan penghitungan statistik yang kesimpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran (X) dengan prestasi belajar PAI (Y) siswa kelas 4 dan 5 SDN 2 Binade. Hal ini berarti jika penggunaan media pembelajaran yang baik maka prestasi belajar PAI pun meningkat. Kadar hubungan kedua variabel tersebut ditunjukkan hasil penghitungan X² yaitu 3,093 dengan taraf signifikan 50% yang berarti bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran memberikan sumbangan besar terhadap prestasi belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 16 Apr 2014 03:58
Last Modified: 16 Apr 2014 03:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item