PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS X.3 SMA PGRI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BASKORO AJI, SIGIT (2014) PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS X.3 SMA PGRI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Awal.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

igit Baskoro Aji. 2014. Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X.3 SMA PGRI 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I: Drs. Jumadi, M.Pd. Kata Kunci: Metode TPS(Think Pair Share), Aktivitas Siswa, Prestasi Belajar Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas X.3 SMA PGRI 1 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 adalah masih banyaknya guru yang menerapkan pembelajaran konvensional, di mana dalam pembelajaran ini siswa cenderung bersikap pasif, sedangkan guru cenderung berperan dominan. Dengan metode pembelajaran yang demikian, penguasaan siswa terhadap konsepkonsep matematika menjadi sangat kurang. Hal inilah yang akan berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa dapat aktif sekaligus tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran matematika. Salah satu metode pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif adalah metode Think Pair Share. Aktivitas dalam pembelajaran ini menekankan pada kesadaran siswa untuk belajar mengaplikasikan pengetahuan, konsep, keterampilan kepada siswa yang membutuhkan dan setiap siswa merasa senang menyumbangkan pengetahuannya kepada anggota lain dalam kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan metode Think Pair Share pada siswa kelas X.3 SMA PGRI 1 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.3 SMA PGRI 1 Ponorogo yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Think Pair Share pada siswa kelas X.3 SMA PGRI 1 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas siswa karena pada siklus 2 banyaknya aspek aktivitas yang masuk kategori efektif adalah 6. Selanjutnya, penerapan metode Think Pair Share pada siswa kelas X.3 SMA PGRI 1 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 juga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, karena pada siklus 2 diperoleh rata-rata nilai tes akhir siklus sebesar 76,96 dan persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar sebesar 76,17%. Kemampuan pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan metode Think Pair Share pada siswa kelas X.3 SMA PGRI 1 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 efektif, karena pada siklus 2 diperoleh rata-rata kemampuan pengelolaan guru sebesar 3,82 sudah mencapai xix predikat baik. Hal-hal di atas sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 04:06
Last Modified: 16 Apr 2014 04:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item