Kurnianto, Rido and Lestarini, Niken (2015) NILAI-NILAI EDUKASI DALAM SENI REYOG PONOROGO. Jurnal el Harakah, 17 (02).
|
Text
Artikel Elharakah Rido.pdf Download (497kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pendidikan karakter Konco Reyog di sekolah-sekolah yang digali dari makna simbol seni Reyog Ponorogo. Selanjutnya muatan tersebut dikaji basis relevansinya dengan pendidikan Islam, yang selama ini belum tersentuh. Data yang diperoleh dari orang kunci (key person), yaitu tokoh warok, yayasan Reyog, para pengampu pembelajaran Reyog, dan para seniman pendamping, dideskripsikan secara analitis kualitatif untuk menyusun modul pendidikan karakter Konco Reyog berbasis pendidikan Islam. Temuan pokok penelitian ini adalah bahwa dalam seni Reyog Ponorogo memiliki sejumlah simbol yang sarat dengan nilai dan makna, diantaranya adalah nilai pendidikan. Nilai-nilai tersebut memiliki relevansi yang sangat kuat dengan sejumlah nilai yang terkandung di dalam pendidikan Islam. Pada perkembangannya, nilainilai pendidikan dalam seni Reyog Ponorogo ditanamkan secara sistematis melalui lembaga pendidikan sekolah. Posisinya cukup kuat karena masuk dalam kurikulum intrakurikuler sebagai muatan lokal berbasis kearifan lokal. Nilai-nilai pendidikan berbasis seni Reyog Ponorogo ini sangat dimungkinkan menjadi alternatif model pendidikan karakter dalam rangka menanamkan nilai dan makna hidup luhur berbasis pendidikan Islam. Keywords: Konco Reyog, Character Education, Islamic Education, Model
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Research |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 04:41 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 04:41 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2971 |
Actions (login required)
View Item |