IMPLEMENTASI KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMK AL-QOLAM PONPES HIDAYATULLAH MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)

MULYADI, A (2014) IMPLEMENTASI KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMK AL-QOLAM PONPES HIDAYATULLAH MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I,DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (177kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Konsep humanisme religius merupakan sebuah konsep keagamaan yang menempatkan manusia sebagai manusia, serta upaya humanisasi ilmu-ilmu dengan tetap memperhatikan tanggung jawab hablum minallah dan hablum minannas. Yang jika konsep ini diimplementasikan dalam praktek dunia pendidik Islam akan berfokus pada akal sehat (common sense), individualisme (menuju kemandirian), tanggung jawab (responsible), pengetahuan yang tinggi (first for knowledge), menghargai orang lain (pluralisme), kontektualisme (hubungan kalimat), lebih mementingkan fungsi dari simbol, serta keseimbangan antara reward dan punishment. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimana implementasi konsep humanisme religius dalam pembelajaran PAI?, 2) faktor penghambat apa saja dalam penerapan konsep humanisme religius dalam pembelajaran PAI?, dan 3) bagaimana upaya penyelesaian faktor penghambat penerapan konsep humanisme religius dalam pembelajaran PAI? Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Implementasi konsep humanisme religius dalam pembelajaran PAI yaitu melalui proses pembelajaran PAI dengan memberikan suatu permasalahan yang disesuaikan dengan standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang dipadukan dengan materi serta metode yang telah disesuaikan, serta mengaitkan materi-materi pembelajaran PAI tersebut dengan kehidupan nyata yang ada di sekitar kehidupan dari peserta didik. 2) Faktor penghambat dalam penerapan konsep humanisme religius yaitu minimnya pemahaman guru PAI akan konsep humanisme religius dalam proses pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana sebagai media pendukung penerapan konsep humanisme religius dalam proses pembelajaran PAI, dan kurangnya partisipasi wali murid dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran PAI. 3) Upaya penyelesaian faktor penghambat penerapan konsep humanisme religius dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu mengikutkan guru PAI ke berbagai diklat dan pelatihan serta mengadakan pertemuan dengan wali murid secara berkala dan rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 16 Apr 2014 04:15
Last Modified: 16 Apr 2014 04:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item