PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 3 JETIS PONOROGO TAHUN PELAJARAN

WAHYUNI, ERFIN (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 3 JETIS PONOROGO TAHUN PELAJARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER dkk.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB I-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Wahyuni, Erfin. Penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Drs. Jumadi, M. Pd. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Hasil Belajar. Untuk mewujudkan suatu tujuan pembelajaran yang maksimal peran guru sangatlah penting, guru hendaknya mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif serta dapat melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo masih rendah atau siswa yang memnuhi KKM hanya 67%. Rendahnya hasil belajar tersebut karena kelemahan metode ceramah yaitu banyak didominasi oleh guru sehingga cenderung bosan, ramai sendiri serta aktivitas siswa juga kurang. Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai siswa termasuk dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan PMRI agar siswa berpikir kritis, kreatif, dan mandiri. Pada penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 21 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014 yaitu ketuntasan pada Siklus I sebesar 76%, siklus II sebesar 81%, dan pada siklus III sebesar 86%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI siklus I, siklus II, dan siklus III sudah mencapai kategori baik. Respon siswa positif yaitu lebih dari 60%. Pengelolaan guru dalam pembelajaran efektif yaitu rata-ratanya pada siklus I adalah 2,8 (cukup baik), siklus II adalah 3,5 (baik), dan siklus III 3,6 (baik). Kenaikan yang terjadi merupakan dampak dari keberhasilan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Sehingga penerapan PMRI sangatlah baik diterapkan pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 04:17
Last Modified: 16 Apr 2014 04:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item