PERANCANGAN APLIKASI PANDUAN GERAKAN JU-JITSU BERBASIS ANDROID

WIJAYA, ERIK (2017) PERANCANGAN APLIKASI PANDUAN GERAKAN JU-JITSU BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Halaman Pembukaan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Atlet merupakan bagian yang paling utama di dalam materi ataupun kejuaraan pada timgkat berapapun itu. Dalam hal ini, atlet yang dimaksud adalah atlet Ju-Jitsu. Jika pada materi sebelumnya setiap atlet akan dibebani gerakan gerakan untuk memenuhi kewajiban ujian kenaikan tingkat. Dalam hal ini peran pelatih atau asisten pelatih ( kyu II dan kyu I ) sangat berguna bagi atlet. Akan tetapi terkadang para atlet malas atau bahkan belum yakin akan apa yang mereka dengarkan dari penyampaian pelatih. Dari situlah dibutuhkan aplikasi yang dapat menarik para atlet menghafal dan mendalami materi mereka sehingga aktif tidak hanya dalam dojo/UKM tetapi juga diluar lingkup dojo/UKM. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mempermudah para atlet maupun para pelatih. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan adanya sebuah program atau aplikasi berupa panduan gerakan tiap tingkatan yang mana nantinya dapat menyelesaikan kendala ataupun masalah yang berkaitan dengan gerakan, materi, serta pemahaman ke setiap atlet. Android dipilih dalam perancangan ini agar pengguna dapat melakukan proses identifikasi menggunakan aplikasi dimana saja dan kapan saja. Dalam proses perancangan aplikasi ini, penulis melakukan wawancara langsung kepada pelatih dojo UKM Ju-Jitsu Universitas Ponorogo dan buku Institut Ju-Jitsu Indonesia untuk memperoleh informasi yang valid mengenai data sejarah, sumpah semboyan, serta materinya. Pada tahap proses menentukan pilihan materi yang akan dipelajari sesuai kebutuhan tingkat kyu pengguna aplikasi, tanpa mengabaikan fungsi seorang pelatih. Kata kunci : Aplikasi, Android, Ju-Jitsu, Kyu, Ukm Jump.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 16 May 2017 06:42
Last Modified: 16 May 2017 06:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item