PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII B MTs MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN 2013/2014

MUNAWAROH, SITI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII B MTs MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
awal.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Munawaroh, Siti. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VIIIB MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Intan Sari Rufiana Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar dan Jigsaw,. Rendahnya nilai matematika siswa kelas VIII B MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo disebabkan karena kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran matematika berlangsung siswa kurang aktif bertanya, mengemukakan pendapat, dan komunikasi antar siswa saat pembelajaran masih kurang serta kemampuan siswa dalam menjelaskan kepada teman-temannya juga masih kurang. Aktivitas merupakan syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Namun keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh siswa melainkan aktivitas guru sebagai pengajar. Karena pentingnya aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa maupun guru pada saat pembelajaran. Metode pembelajaran jigsaw merupakan metode pembelajaran untuk memperoleh partisipasi kelas secara keseluruhan, secara individual serta kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VIII B MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo sebanyak 20 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VIII B MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yaitu ditunjukkan dengan prosentase aktivitas pada siklus I mencapai 65% pada pertemuan pertama dan 68,75% pada pertemuan kedua. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mencapai kategori tinggi dengan persentase 73,75% pada pertemuan pertama dan 81.25% pada pertemuan kedua. Sedangkan prestasi belajarnya dari 60% yang tuntas meningkat menjadi 75% dan sudah memenui indikator yaitu kategori baik dengan ketuntasan ≥ 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 04:24
Last Modified: 16 Apr 2014 04:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item