PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE IQRA’ DI SD NEGERI NGRECO V TEGALOMBO PACITAN

YUNITA, LISA (2017) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE IQRA’ DI SD NEGERI NGRECO V TEGALOMBO PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN LENGKAP.pdf

Download (818kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Yunita, Lisa. 2017. Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Iqro di SD Negeri Ngreco V Tegalombo Pacitan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Ponorogo. Pembimbing (I) Syarifan Nurjan, MA (II) Drs. Moch. Djahid, MA. Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Iqra’. Pendidikan agama di sekolah dasar itu alokasi mata pelajaran agama hanya 2 jam perminggu, sedangkan materi agama Islam itu sangatlah banyak. Sebagai contoh adalah al-Qur‟an merupakan kitab pedoman umat Islam yang berisikan 30 juz 114 surat dan 6666 ayat. Dengan alokasi 2 jam diharapkan mampu memenuhi sebanyak itu materi agama Islam. Maka sangatlah kurang alokasi yang diberikan sekolah apabila menginginkan out put itu paham dan mampu dalam bidang agama. Begitu juga kemampuan anak dalam membaca al-Qur‟an masih sangat jauh dari kesempurnaan. Dan juga masih banyak anak yang sudah lulus SD akan tetapi tidak bisa membaca al-Qur‟an, bahkan huruf hijaiyyah saja tidak hafal. Selain itu, realita dimasyarakat kesadaran akan pentingnya pendidikan agama ini sangat minim. Kebanyakan mereka lebih mengutamakan pekerjaan daripada mengajari anak tentang agama. Mungkin memang disebabkan karena orangtua juga tidak paham agama atau memang ekonomi yang tidak mendukung, sehingga mereka harus kerja keluar daerah. Sehingga sangat diperlukan adanya pembelajaran al-Qur‟an diluar sekolah. Penelitian : 1). untuk mengetahuai bagaimana pengembangan pembelajaran al-Qur‟an. 2). mengetahui penerapan pembelajaran al-qur‟an dengan metode iqra‟ di SD Ngreco V Tegalombo Pacitan. 3). mengetahui kendala pembelajaran. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitiannya. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi, serta model berfikir yang digunakan adalah induktif Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) dilatar belakangi dengan adanya fakta tentang pembelajaran agama disekolah umum 2 jam perminggu. Pembelajaran diberikan pada jam tersendiri diluar jam sekolah. Tujuan pembelajaran ini adalah menyesuaikan dengan visi dan misi sekolah yang ingin menjadikan lulusan yang bertaqwa kepada Allah SWT dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam segala bidang. (2) pembelajaran Al-Qur‟an menggunakan metode iqra‟ dengan sistem CBSA (Cara Belajar Santri Aktif), Privat (Penyimakan satu persatu santri), dan Asistensi (Santri yang lebih tinggi jilidnya dapat membantu menyimak santri lain). (3) Kendala yang dihadapi dalam pengembangan pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode iqra‟ di SD Negeri Ngreco V ini diantaranya; (a) Perbandingan guru dengan siswa yang tidak seimbang (b) Faktor latar belakang siswa yang berbeda-beda (c) Kurangnya media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 04 Jul 2017 01:38
Last Modified: 04 Jul 2017 01:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item