PENGGUNAAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MUHAMMADIYAH KEMUNING II KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2016/2017

WIDODO, BENY SABUNG (2017) PENGGUNAAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MUHAMMADIYAH KEMUNING II KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (744kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Widodo Sabung Beny. 2017. Penggunaan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Kemuning II Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I)Bapak Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (II)Bapak.Katni, M. Pd. I Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran yang kurang bervariatif dan menyenangkan sehingga membuat peserta didik kurang tertarik mengikuti pembelajaranFiqih khususnya pada sub bahasan "Ibadah Haji". Hal ini dibuktikan dengan adanya peserta didik yang pasif sehingga tidak mandiri dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.Mereka terlihat bingung ketika harus menjawab pertanyaan dari guru. Guru kurang aktif dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik menjadi jenuh. Berdasarkan observasi awal pada kelas V Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Kemuning II Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan, diperoleh data masih ada sebagian besar siswa yang belum memenuhi standar KKM.Ada 45% yang sudah memenuhi standar nilai KKM dan 55% lainnya belum memenuhi KKM.Sedangkan standar yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75.Hal ini diduga karena pembelajaran yang kurang bervariatif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan metode pembelajaranCard Shortdan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaranFiqih khususnya pada materi “Ibadah Haji” pada kelas V Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Kemuning II Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah menggunakan model pembelajaranCard Sortdengan melakukan observasi dan juga tes tulis.Observasi ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan skor pada aktifitas guru dan siswa.Sedangkan tes tulis dilaksanakan untuk mengetahui hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan evaluasi hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai tertinggi 80 terendah 65, ketuntasan belajar sebanyak 44,5% tidak tuntas 55%, dengan rata-rata kelas 72,78. Sedangkan siklus II nilai tertinggi 85 teredah 70, ketuntasan belajar sebanyak 77,78% tidak tuntas 22,22%, dengan rata-rata kelas 76,67. Jumlah peningkatan presentase evaluasi hasil belajar yaitu 33,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan evaluasi hasil belajar memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 04 Jul 2017 01:50
Last Modified: 04 Jul 2017 01:50
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3068

Actions (login required)

View Item View Item