SIDARTA, BENY PURBA (2017) MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi, Belajar, PKn Motivasi berasal dari kata Latin “movere” yang berarti dorongan atau menggerakkan. “Motivasi sangat diperlukan dalam pelaksanaan aktivitas manusia karena motivasi merupakan hal yang dapat menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia supaya mau bekerja giat dan antusias untuk mencapai hasil yang optimal” (Malayu S.P Hasibuan, 2001:141). Namun masih banyak siswa mengalami kesulitan belajarnya pada mata pelajaran PKn, terlihat dari adanya siswa-siswa yang enggan belajar dan kurang bersemangat dalam menerima pelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran PKn. Siswapun yang belum aktif dalam mengerjakan soal yang diberikan. Sehingga hasil belajarnyapun menjadi kurang memuaskan karena masih banyak nilai dibawah standar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran PKn yang diajarkan guru di dalam kelas. (2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 jetis tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Menjadi subyek penelitian atau nara sumber dalam penelitian ini adalah, guru mata pelajaran PKn, dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jetis. Data dianalisis melalui 3 (tiga) langkah kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru di dalam kelas begitu menarik siswa dengan adanya motivasi-motivasi yang diberikan guru di sela-sela pembelajaran serta seringnya guru memberikan motivasi penguat dalam mencapai tujuan pembelajaran sehingga siswa merasa senang untuk mengikuti proses pembelajaran. Secara nyata motivasi belajar mempunyai dampak yang signifikan terhadap siswa khususnya siswa kelas XI IPS terbukti dengan senang dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn hal ini dikarenakan karena adanya motivasi yang selalu diberikan guru dan proses dan metode pembelajaran yang digunakan selalu berubah. Dengan demikian maka hasil belajar siswa pun ikut berubah yakni dengan pencapaian yang lebih baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 03:27 |
Last Modified: | 05 Jul 2017 03:27 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3077 |
Actions (login required)
View Item |