MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP N 2 SOOKO TAHUN AJARAN 2016/2017

SOIJEM, HENY HILIYATUL (2017) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP N 2 SOOKO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAM DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi aljabar kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017; 2) mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada materi aljabar kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Dari hasil Penelitian tindakan kelas tersebut penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut: a) mengorientasi siswa pada masalah; b) mengorganisasi siswa untuk belajar; c) membimbing pengalaman individu/kelompok; d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; e) menganalisis dan mengevaluasi. Sedangkan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi aljabar siswa kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017 dapat dilihat dari tes siklus I sebesar 44,44% dan meningkat pada tes siklus II menjadi 81,18%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi aljabar di kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : prestasi belajar siswa, Problem Based Learning, Aljabar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:58
Last Modified: 12 Jul 2017 02:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item