MAHARDI KUSUMA, NANTRIAN (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS XI IPS MA MA’ARIF HASAN MUNADI KARANGAN BADEGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMANA AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN FULL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Hasan Munadi Karangan Badegan yang berjumlah 18 orang dengan laki-laki 7 siswa dan perempuan 11 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitin ini (1) presentase skor rata-rata nilai siswa minimal masuk kategori “cukup baik”. (2) Peningkatan presentase kemampuan pemahaman konsep siswa pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan mengklarifikasikan objek menurut sifat konsep minimal meningkat sebesar 5% . (3) presentase skor kegiatan guru minimal 80 %. Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dilakukan dengan langkah-langkah guru merumuskan masalah yang diberikan kepada siswa dengan data secukupnya, siswa menyusun, memproses, mengorganisir, dan menganalisis data (guru memberikan sedikit bantuan yang diperlukan), siswa menyususn jawaban dari hasil analisis yang dilakukan, guru memeriksa jawaban siswa, siswa kembali memeriksa jawabannya dan guru menyediakan soal yang berupa tes evaluasi untuk memeriksa apakah hasil pekerjaan siswa itu benar. Ada peningkatan persentase kemampuan pemahaman konsep siswa dengan metode penemuan terbimbing. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh persentase pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep meningkat sebesar 7 %, dan pada indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat –sifat konsep meningkat sebesar 6%. Terjadinya peningkatan disebabkan oleh upaya yang dilaksanakan dalam pembelajaran dengan menggunakan LKS yang telah dibuat peneliti dan menggunakan metode penemuan terbimbing dalam kegiatan belajar mengajarnya. . Kata Kunci: Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 04:42 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 04:42 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3138 |
Actions (login required)
View Item |