ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Hotel Maesa di Ponorogo)

MAILA HAQIEN, SALMA (2017) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Hotel Maesa di Ponorogo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya bisnis penyedia jasa seperti jasa perhotelan di Ponorogo. Salah satunya adalah Hotel Maesa Ponorogo. Dimana Hotel Maesa Ponorogo adalah sebuah hotel yang terletak di Jln. KH. Ahmad Dahlan 82A Ponorogo, yang seiring berjalannya waktu terus bertambah dan berkembang menjadi hotel yang ternama di Ponorogo. Harga yang terjangkau, didukung dengan kualitas pelayanan yang memuaskan dan fasilitas yang baik dalam perusahaan jasa perhotelan akan mempengaruhi loyalitas konsumen. Beberapa faktor yang diperhatikan perusahaan perhotelan seperti hotel Maesa di Ponorogo untuk memberikan kepuasan konsumen adalah faktor kualitas pelayanan, harga dan fasilitas yang baik. Sehingga mampu menarik minat konsumen dalam menggunakan jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Maesa di Ponorogo. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Maesa di Ponorogo. 3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Maesa di Ponorogo. 4) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Maesa di Ponorogo. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metede kuisioner terhadap 82 orang, yakni sebagian konsumen Hotel Maesa Ponorogo pada bulan Nopember 2016. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi : Uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji F dan Uji T, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi: Y= 8,221 + 0,185+ X1 + (-0,211) X2 + 0,107 X3. Dimana variabel loyalitas konsumen (Y), kualitas pelayanan (X1), harga (X2), dan fasilitas (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, untuk variabel harga (X2) terbukti ada pengaruh yang negatif harga terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan untuk variabel fasilitas ( X3) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen loyalitas konsumen. Angka Adjusted R square sebesar 0,348 menunjukkan bahwa 34,8% variabel loyalitas konsumen dapat dipengaruhi oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebersar 65,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, harga, fasilitas, loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 31 Aug 2017 00:57
Last Modified: 31 Aug 2017 00:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3205

Actions (login required)

View Item View Item