PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI UNIT DESA BABADAN 1 PERIODE 2008-2012

Maulida, Rohma (2014) PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI UNIT DESA BABADAN 1 PERIODE 2008-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
bab 2-5 Rohma Maulida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
hal dan-bab 1 Rohma Maulida.pdf

Download (472kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

RINGKASAN Perputaran modal kerja adalah arus dana dari kas pertama melalui beberapa tahapan kembali ke kas kembali. Modal kerja utama koperasi terdiri atas simpanan-simpanan atau iuran-iuran para anggotanya yaitu terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela dan juga ada penambahan modal dari donasi para anggota atau pihak lain serta pinjaman-pinjaman dari anggota ataupun dari pihak perbankan. Yang menjadi elemen modal kerja adalah seluruh aktiva lancar yang ada pada koperasi, maka dalam hal ini yang diperhitungkan sebagai perputaran modal kerja koperasi adalah perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan kas. Dalam perputarannya hal yang mempengaruhi adalah tingkat profitabilitas koperasi. profitabilitas koperasi diperoleh dari pendapatan kotor dari koperasi dikurangi dengan seluruh biaya yang dikeluarkan koperasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh perputaran kas terhadap pofitabilitas, adakah pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas. Adakah pengaruh perputaran persediaan kas terhadap profitabilitas pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Unit Desa Babadan 1 selama periode 2008-2012. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi dan neraca Unit Simpan Pinjam Koperasi Unit Desa Babadan 1 mulai tahun 2008-2012. Sedangkan untuk metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif dengan analisis regresi berganda yaitu uji T dan uji F, dan untuk pengolahan data serta pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji T dan uji F bahwa : perputaran kas terhadap profitabilitas yaitu thitung < ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu (0.563 < 12.71). Perputaran piutang terhadap profitabilitas yaitu thitung < ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu (6.204 < 12.71). Perputaran persediaan kas terhadap profitabilitas yaitu thitung < ttabel dengan taraf siginifikan 5% yaitu (4.695 < 12.71). Perputaran modal kerja ditinjau dari unsur-unsur modal kerja secara bersama-sama hasilnya terbukti bahwa Fhitung < Ftabel dengan taraf signifikan 5% yaitu (13.637 < 199.5). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara perputaran kas terhadap profitabilitas, tidak ada pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas, tidak ada pengaruh perputaran persediaan kas terhadap profitabilitas dan tidak ada pengaruh perputaran modal secara bersama-sama kerja terhadap profitabilitas di Unit Simpan Pinjam (USP) Koperasi Unit Desa (KUD) Babadan 1 Periode 2008-2012. Kata Kunci : Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Kas, Profitabilitas(ROI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Admin FE
Date Deposited: 17 Apr 2014 03:56
Last Modified: 17 Apr 2014 03:56
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item