PENGARUH DIAMETER KAWAT DAN JUMLAH LILITAN SPULL ALTERNATOR TERHADAP ARUS DAN TEGANGAN YANG DIHASILKAN

LESTANTYO, PRAYUDI (2017) PENGARUH DIAMETER KAWAT DAN JUMLAH LILITAN SPULL ALTERNATOR TERHADAP ARUS DAN TEGANGAN YANG DIHASILKAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan jumlah lilitan kawat stator terhadap tegangan output alternator dan putaran mesin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu melakukan penggulungan ulang kawat stator, melakukan pengujian terhadap objek untuk menghasilkan data. Data tersebut dianalisis dan kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang paling baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap – tiap alternator dengan diameter kawat 1mm, 1,3mm , 1,4 mm, terdapat perbedaan tegangan output alternator pada putaran mesin 1000, 1500,2000, 2500 rpm. Tegangan yang diperlukan baterai ketika mesin hidup dan mendapat beban antara 13,8 – 14,8 V dengan arus lebih dari 10 A. Pada alternator diameter kawat 1 mm dengan 6 lilitan stator diperoleh tegangan tertinggi pada putaran 2500 rpm sebesar 13,47 V 12 A. sedangkan alternator diameter kawat 1,3 mm dengan 8 lilitan mengeluarkan tegangan sebesar 13,81V 15A ketika putaran mesin 1000 rpm dan 14,26V 20A pada putaran tinggi 2500 rpm. sedangkan pada alternator diameter kawat 1,4 mm dengan 8 lilitan menghasilkan output tegangan 13,98V 15A pada putaran 1000 rpm dan pada putaran tertinggi 2500 rpm tegangan yang dihasilkan 14,40V 20A. Kata kunci : pengisian konvensional, lilitan stator , diameter kawat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering
Depositing User: Yolan Priatna
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:24
Last Modified: 31 Aug 2017 04:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item