INTERFERENSI BAHASA INDONESIA KE DALAM PEMAKAIAN BAHASA INGGRIS WACANA TULIS SISWA DI RSMPBI 1 JETIS PONOROGO

MUSTIKAWATI, DIYAH ATIEK (2013) INTERFERENSI BAHASA INDONESIA KE DALAM PEMAKAIAN BAHASA INGGRIS WACANA TULIS SISWA DI RSMPBI 1 JETIS PONOROGO. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1). pp. 105-115. ISSN 2303-3800

[img]
Preview
Image
Dimensi Vol 2 No 1.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTERFERENSI BAHASA INDONESIA KE DALAM PEMAKAIAN BAHASA INGGRIS WACANA TULIS SISWA.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk interferensi bahasa Indonesia ke dalam pemakaian bahasa Inggris wacana tulis siswa SMP 1 Jetis, (2) untuk mengetahui factor-faktor yang melatarbelakangi interferensi, mendiskripsikan pengaruh dan persepsi guru dan siswa terhadap peristiwa interferensi. Landasan teori penelitian ini mengacu pada sejumlah teori dalam sosiolinguistik yaitu sosiolinguistik, kontak bahasa, masyarakat tutur, interferensi, campur kode dan alih kode dan wacana. Penelitian ini bersifat kualitatif berlokasi di SMP 1 Jetis. Sumber data adalah wacana tulis siswa dan responden. Teknik sampling yang digunakan adalahcriterion-based selection dan purposive sampling. Teknik penyediaan data dilakukan melalui pemberian assignment kepada siswa, observasi dan wawancaramendalam. Analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) untuk menganalisis setiap tuturan dalam wacana. Teknik analisis data menggunakan metode padan referensial dan analisis komponen tutur Dell Hymes.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 18 Sep 2017 00:57
Last Modified: 18 Sep 2017 00:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

View Item View Item