TRIA WIBOWO, DANANG (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DAN LEARNING CYCLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 1 KECAMATAN BALONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran pair checks dan model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (2) apakah siswa yang mempunyai motivasi tinggi memiliki pemahaman konsep yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai motivasi sedang dan rendah. (3) apakah pada masing-masing kategori motivasi belajar model pembelajaran learning cycle menghasilkan pemahaman konsep yang lebih baik dari pada model pembelajaran pair checks. (4) apakah pada masing-masing model pembelajaran (pair checks dan learning cycle) siswa yang mempunyai motivasi tinggi mempunyai pemahaman konsep yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai motivasi sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Balong. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas menggunakan metode Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Bartlett, uji keseimbangan menggunakan uji-t serta uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan dilanjutkan dengan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran pair checks dan model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap pemahaman konsep. (2) Siswa yang mempunyai motivasi tinggi memiliki pemahaman konsep yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai motivasi sedang dan rendah. (3) Pada kelompok siswa yang mempunyai motivasi tinggi, siswa yang dikenai model pembelajaran learning cycle mempunyai pemahaman konsep yang lebih baik dibanding siswa yang dikenai model pembelajaran pair checks. Pada kelompok siswa yang mempunyai motivasi sedang dan rendah pemahaman konsep siswa yang dikenai model pembelajaran pair checks sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran learning cycle. (4) Pada masing masing kategori model pembelajaran (pair checks dan learning cycle) siswa yang mempunyai motivasi tinggi, sedang dan rendah tidak terdapat perbedaan pada pemahaman konsep. Kata Kunci: Pair Checks, Learning Cycle, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 03:14 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 03:14 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3465 |
Actions (login required)
View Item |