PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 1 KEC. SIMAN

NOVITA DEWI, FITRIA HAPPY (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 1 KEC. SIMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
A.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP N 1 Kec. Siman sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, (2) Untuk melihat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP N 1 Kec. Siman dengan penggunaan pendekatan RME. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kec. Siman yang terdiri dari enam kelas, yaitu VIIIA, VIIIB, VIIIC, VIIID, VIIIE, dan VIIIF. Dari enam kelas tersebut, kelas VIIIE dan VIIIF terpilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya dua kelas dipilih kembali secara acak untuk menentukan jenis perlakuanyang akan diberikan. Kelas VIIIF diberi perlakuan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas VIIIE diberi perlakuan seperti biasanya atau konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data untuk melihat kemampuan berpikir kritis dengan pendekatan RME dan konvensional ditinjau dari masing-masing variabel terikat adalah uji t. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan RME dan pembelajaran dengan konvensional sama-sama dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa akan tetapi ditinjau dari rata-rata N-Gain pengaruh pendekatan RME lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:26
Last Modified: 26 Sep 2017 03:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item