ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SUBBAB PERBANDINGAN BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA

FAIZAH, LIA ALFI (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SUBBAB PERBANDINGAN BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita subbab perbandingan dengan penerapan langkah pemecahan masalah Polya, (2) mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita subbab perbandingan berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Ponorogo. Kelas tersebut dipilih dari rekomendasi guru pembimbing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes, wawancara, audio recorder dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara untuk mengetahui faktor kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita subbab perbandingan. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamat dan teknik triangulasi. Diperoleh hasil bahwa, jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa terdapat pada empat kesalahan yaitu kesalahan memahami masalah, kesalahan perencanaan penyelesaian masalah, kesalahan pelaksanaan perencanaan penyelesaian serta kesalahan dalam mengecek kembali hasil penyelesaian. Faktor penyebab kesalahan adalah kebiasaan sehari-hari siswa yang memang tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, siswa menganggap haltersebut tidak penting kecuali guru menyuruh untuk menulis informasi awal pada soal. Kurangnya kemampuan dalam interpretasi bahasa sehingga sulit membawa soal cerita kedalam model matematika. Kebiasaan tertuju pada rumus dan jawaban agar pekerjaan segera selesai. Rendahnya kesadaran siswa dalam memberikan keterangan pada variabel/ model matematika yang dibuat. Tidak meneliti ulang pekerjaannya sehingga salah dalam menuliskan tandaoperasi maupun perhitungan pada jawaban akhir. Tingkat kesadaran akan cepat puasnya siswa jika sudah menemukan hasil akhir dan menganggap hasil tersebut tepat. Kebiasaan mengerjakan soal rutin dengan tingkat kesulitan rendah sampai sedang sehingga terkejut dan bingung ketika menghadapi soal non rutin seperti soal tes pemecahan masalah. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Subbab Perbandingan, Langkah Pemecahan Masalah Polya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 04:10
Last Modified: 26 Sep 2017 04:10
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item