ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RENTAL MOBIL CV. ILHAM MOTOR GANDU MLARAK PONOROGO

AMALIA K, DHIKA (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RENTAL MOBIL CV. ILHAM MOTOR GANDU MLARAK PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL-bab1 dhika.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
BAB II-bab 5 dhika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

RINGKASAN Pada saat ini adanya perkembangan zaman dan teknologi banyak sekali berdiri penyedia jasa berupa jasa persewaan mobil. Masyarakat banyak membutuhkan alat transportasi yang praktis, cepat dan mudah digunakan untuk menyelesaikan berbagai tujuannya, salah satunya menggunakan jasa rental mobil. Namun dari banyaknya rental mobil yang ada mereka mencari rental mobil yang memberikan pelayanan yang berkualitas, nyaman dan terpercaya. Sejalan dengan hal tersebut menjadi tantangan bagi perusahaan penyedia jasa khususnya rental mobil CV. ILHAM MOTOR Gandu Mlarak Ponorogo. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas dan diharapkan bisa memberikan kepuasan konsumen sehingga menjadikan loyaltas konsumen/ pelanggan. Penelitian ini merupakan study kasus di rental mobil CV. ILHAM MOTOR Gandu Mlarak Ponorogo, dengan judul “Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di rental mobil CV. ILHAM MOTOR Gandu Mlarak Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan mengetahui faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan di rental mobil CV. ILHAM MOTOR. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan insidental sampling pada 100 pelanggan CV. ILHAM MOTOR. Metode analisa data yang digunakan penulis untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan adalah analisa kuantitatif dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linier berganda, analisa koefisien korelasi, analisa koefisien determinasi. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan adalah dengan menggunakan uji T dan uji F. Setelah melakukan penggujian dengan menggunakan uji korelasi product moment pearson ternyata seluruh item pertanyaan valid, karena R hitung > R tabel. Hasil pengujian reliabilitas dibandingkan dengan standar nilai Alpha Cronbach dan hasilnya menunjukkan bahwa kuisioner reliabel dan layak digunakan. Hasil analisa regresi linier berganda diperoleh persamaan Y: 4,413 + 0,144 X1 + 0,026 X2 + 0,162 X3 + 0,151 X4 + 0,223 X5 + e. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 32.1% dan sisanya 67.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian. Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa dari lma variabel kualitas pelayanan(tangiables, reliability, responsivness, assurance, dan empathy) terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh yaitu reliability karena Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan keempat variabel lainnya berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan karena Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji F menunjukkan bahwa tangiables, reliability, responsivness, assurance, dan empathy secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena F hitung > F tabel atau 8,898 > 2,33.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 19 Apr 2014 05:46
Last Modified: 19 Apr 2014 05:46
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item