MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI METODE STAD SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FATTAH GALAK SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FITRIANA, YULI (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI METODE STAD SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FATTAH GALAK SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Fitriana, Yuli. 2017. “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Melalui Metode STAD Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Fattah Galak Slahung Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017”.Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag. (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Hasil belajar, Metode STAD Pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang diajarkan oleh guru Al-Qur’an Hadis Kelas VII Di MTs. Darul Fattah Galak Slahung Ponorogo dengan menggunakan metode klasik. Selama guru menyampaikan materi siswa kurang memperhatikan pelajaran sehingga proses tanya jawab antara guru dan siswa tidak terbangun dengan maksimal. Hal tersebut berdasarkan observasi langsung yang dilakukan serta wawancara guru Al-Qur’an Hadis dan diketahui pula bahwa nilai siswa masih di bawah KKM. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan metode STAD. Peneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan seberapa besar peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis melalui metode STAD pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Fattah Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan tujuan tersebut maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana menerapkan metode STAD pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Fattah Galak Slahung Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017?(2)Seberapa besar pengaruh metode STAD dalam meningkatkanmotivasi dan hasil belajarAl-Qur’an Hadis siswa kelas VIIdi Madrasah Tsanawiyah Darul Fattah Galak Slahung Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Sementara insrumen tes digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuankognitif siswa dan hasil belajar. Hasil pengamatan aktifitas sebagai penilaian motivasi dalam pembelajaran pada siklus I keaktifan siswa 61,29% pada siklus II keaktifan siswa 75,10%. Terjadi peningkatan prosentase ketuntasan dari siklus I dengan 63,64% ke siklus II dengan 91,18% sebesar 27,54%.Hasil ketuntasan belajar siswa selama dalam pembelajaran menunjukkan bahwa adanya peningkatan siswa yang tuntas dalam belajarnya. Dari siklus I 13 siswa 63,64% siswa yang tuntas dan meningkat pada siklus II 22 siswa 91,18% siswa yang tuntas. Meningkat pada siklus II sebanyak 22 siswa. Dengan penerapan metode STAD ini semua siswa dinyatakan sudah tuntas dalam belajarnya.Dengandemikian bahwametode STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Fattah Galak Slahung Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:56
Last Modified: 27 Sep 2017 03:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3498

Actions (login required)

View Item View Item