PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN STRATEGI MENYUSUN SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KAUMAN

INDRIA TARELLUAN, DENIS (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN STRATEGI MENYUSUN SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KAUMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui apakah model pembelajaran CIRC dengan strategi menyusun soal cerita lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Kauman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 kauman yang terdiri dari delapan kelas. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII C. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen diterapkan model CIRC dengan strategi menyusun soal cerita sedangkan kelas VIII A sebagai kelas kontrol diterapkan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Teknik analisis data untuk melihat perbedaan model CIRC dengan strategi menyusun soal cerita dan model kovensional terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika adalah uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 dengan nilai yaitu 0,001 0,025 sehingga menolak dan menerima . Dari hasil analisis, nilai rata-rata kelas eksperimen kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dengan strategi menyusun soal cerita berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Kata Kunci: CIRC, menyusun soal cerita, kemampuan menyelesaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:21
Last Modified: 27 Sep 2017 03:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item