UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL FIKRI TAHUN AJARAN 2016-2017

PUSPIANI, ANIK (2017) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL FIKRI TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Puspiani, Anik.2017.”Upaya Kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di madrasah ibtidaiyah Darul fikri tahun ajaran 2016- 2017”,Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dosen pembimbing : (I) Dr. HeppySusanto, M.Ag, dosen pembimbing(II)Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I. Skripsi ini berjudul upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri tahun ajaran 2016/2017. Latar belakang penulis mengambil judul ini dikarenakan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri semua guru fiqih mempunyai latar belakang yang berbeda- beda. Sebagian ada yang sudah sertifikasi, lulusan Sarjana Pendidikan Agama Islam, lulusan Madrasah Aliyah, sebagian ada yang masih menempuh Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jadi besar kemungkinan bahwa guru kesulitan dalam mengelola kelas agar tercipta kelas yang kondusif. Penelitian ini ingin mengkaji masalah pertama, yaitu upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri. Masalah kedua yaitu kendala kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016- 2017. Masalah yang ketiga yaitu evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul fikri Tahun ajaran 2016-2017. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016-2017. Untuk menganalisis kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016-2017. Untuk mengetahui evaluasi apa saja yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016-2017. Pendekatan yang digunakan penulis yaitu kualitatif dengan desain deskriptif, teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Hasil penelitian penulis,upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih adalah dengan mengikutkan guru fiqih dalam pelatihan-pelatihan, seminar, workshop dan lain sebagainya. Kendala yang dihadapi kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih adalah kurangnya pengetahuan guru fiqih dalam mengelola kelas, kurangnya kerjasama antar guru fiqih, kurang adanya rasa tanggung jawab. Sedangkan evaluasi yang dilakukan kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016-2017 adalah diadakannya rapat evaluasi setiap bulan. Dengan demikian upaya yang dilakukan kepala sekolah sudah baik, namun perlu ditingkatkan lagi dalam hal pendidikan agar terwujud guru fiqih yang professional. Kata kunci :kepala sekolah, guru fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:26
Last Modified: 27 Sep 2017 03:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item