PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIIIE DI MTSN SAMPUNG

WIJAYANTI, IIS INDAH (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIIIE DI MTSN SAMPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIIE MTsN Sampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE MTsN Sampung dengan jumlah 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 75% dari keseluruhan siswa kelas VIIIE MTsN Sampung berada pada kategori memiliki kepercayaan diri tinggi setelah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa berada pada kriteria baik. Hasil penelitian tindakan kelas sebelum dilakukan tindakan jumlah siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi adalah sebesar 18%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I persentase jumlah siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi sebesar 32%. Kemudian setelah diakukan tindakan pada siklus II persentase jumlah siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi sebesar 82%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru pada siklus I dan siklus II berada pada kriteria sangat baik. Sedangkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa pada siklus I berada pada kriteria sedang dan pada siklus II berada pada kriteria sangat baik. Kata Kunci:Kepercayaan Diri, Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:25
Last Modified: 27 Sep 2017 03:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item