Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 2 Kec. Balong

Munawaroh, Nia Hidayatul (2017) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 2 Kec. Balong. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
1. Hal Depan.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah, (3) mengetahui seberapa tinggi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan pendekatan Contetual Teaching and Learning (CTL), (4) mengetahui respon siswa setelah diajar menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMPN 2 Kec. Balong pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 33 anak. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah hasil pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket respon siswa terhadap pembelajaran dan soal tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil observasi tes siklus diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat mencapai hasil 86 pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan tahapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII G SMP N 2 Kec. Balong. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan CTL, Tahapan Polya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:32
Last Modified: 27 Sep 2017 03:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3506

Actions (login required)

View Item View Item