PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

KARTIKA ARUMSARI, FITRIA (2017) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (836kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam memecahkan masalah matematika pada materi Segitiga dan Segiempat. (2) Mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam memecahkan masalah matematika pada materi Segitiga dan Segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ponorogo Tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa. Selanjutnya subjek diteliti dengan tes GEFT yang digunakan untuk mengelompokkan siswa yang tergolong FI (Field Independent) dan FD (Field Dependent). Peneliti mengambil 6 siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan dokumen dan wawancara (interview). Teknik analisis data berasal dari dokumen hasil Tes GEFT (group embedded figure test) dan soal tes pemecahan masalah. Hasil penelitian ini adalah subjek FI mampu menjelaskan informasi atau petunjuk yang diberikan tanpa mengalami kesulitan. subjek FI mampu menjelaskan materi yang diterima sebelumnya ketika membaca informasi dengan jelas namun tidak terurut. Subjek FI tidak memerlukan petunjuk yang terperinci untuk menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah. Subjek FI lebih memilih memeriksa kembali jawaban atau simpulan yang diperoleh pada tes pemecahan masalah secara mandiri dan individual, karena merasa efisien sendiri. Sedangkan Subjek FD dalam menerima informasi mengalami kesulitan dalam menjelaskan informasi atau petunjuk pada soal. Subjek FD mampu menjelaskan materi yang diterima sebelumnya ketika membaca informasi dengan terurut sesuai dengan konteksnya. Subjek FD memerlukan petunjuk yang lebih banyak untuk memahami sesuatu dan menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah. Subjek FD memilih memeriksa kembali jawaban dengan mengandalkan pengaruh lingkungan sekitar atau teman sebayanya. Kata Kunci: Berpikir, Pemecahan masalah, field independent dan field dependent.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:43
Last Modified: 27 Sep 2017 03:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item View Item