ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 BADEGAN KELAS VIII E DALAM MEMPELAJARI ALJABAR

INDRA PURNAMA, VICKY (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 BADEGAN KELAS VIII E DALAM MEMPELAJARI ALJABAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Aljabar merupakan salah satu objek pembelajaran matematika. Dari hasil wawancara dengan guru matematika SMPN 2 Badegan Ponorogo diketahui masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dalam bentuk aljabar. Kesulitan tersebut menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal aljabar. Kesulitan yang dialami siswa dalam suatu materi akan menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi matematika selanjutnya. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari aljabar dan penyebab kesulitan yang dialami siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 2 Badegan Ponorogo pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 24 anak. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah hasil tes dan wawancara dengan siswa. Instrumen penelitian berupa peneliti, soal tes, dan pedoman wawancara. Dari hasil analisis dan wawancara diperoleh bahwa kesulitan yang dialami siswa meliputi: 1) kesulitan dalam memahami konsep aljabar mencapai persentase 33,3 % atau dalam kategori rendah, 2) kesulitan dalam memahami prinsip aljabar mencapai persentase 33,3 % atau dalam kategori rendah, dan 3) kesulitan dalam memahami operasi aljabar mencapai persentase 33,3 % atau dalam kategori rendah. Faktor penyebab keulitan yang dialami siswa antara lain kurangnya memahami materi pelajaran, cara belajar yang salah, kurang memanfaatkan sarana belajar yang ada, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya pada guru, dan kurangnya minat serta motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Analisis Kesulitan, Aljabar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:54
Last Modified: 27 Sep 2017 03:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item