EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM DUKUH GADING DESA SRATEN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

KAMDANI, UMAR (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM DUKUH GADING DESA SRATEN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

elajar bahasa, sebagaimana anak yang baru lahir mau tidak mau harus melalui proses belajar bahasa setahap demi setahap. Selain itu pembelajaran bahasa asing khususnya Bahasa Arab harus menggunakan model pembelajaran yang mengacu pada prinsip-prinsip kegiatan pembelajaran dan motivasi belajar serta cara-cara belajar yang produktif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah memiliki tujuan mendidik para peserta didik untuk memahami sistem bunyi dan makna kata, mampu mengucapkan, membaca dengan nyaring, dan menulis kata-kata, frase serta memahami makna interpersonal, ideasional, dan tekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar. Mengingat bahasa Arab dalam fase perkembangannya telah dijadikan sebagai bahasa resmi dunia Internasional. Maka tidak berlebihan bila pembelajaran bahasa Arab perlu mendapatkan penekanan dan perhatian yang khusus mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Efektifitas pembelajaran Bahasa ARAB di madrasah diniyah Miftahul Ulum terbilang efektif, hal itu disebabkan: (1) Peran guru yang disiplin. (2) Siswa mempunyai semangat yang tinggi. (3) motivasi orang tua. (4) Menggunakan metode variatif yang tidak membosankan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Dukuh Gading Desa Sraten. (2) Untuk mengetahui seberapa besar daya serap siswa, dan prestasi belajar Bahasa Arab siswa di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Dukuh Gading Desa Sraten. .Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (fild reseach). Yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan observasi yang diberikan kuantitatif item pertanyaan dari indikator konsep yang ditujukan dan diberikan kepada responden yang diambil sampel dari penelitian ini ( siswa Madrasah Diniyah Miftahul Ulum). Hasil pembahasan dapat disampaikan bahwa: (1) Efektifitas pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab sangat baik dan mampu mencapai target kurikulum. Kemudian kehadiran guru dalam pembelajaran di madrasah sangat baik dan siswa dalam menerima mata pelajaran bahasa cukup baik. (2) Daya serap siswa terhadap materi pelajaran bahasa Arab cukup baik, mengingat guru mampu menyampaikan materi pelajaran bahasa Arab dengan baik sehingga mudah diterima, oleh karena itu proses pembelajaran di madrasah dapat berjalan tanpa ada halangan suatu apapun. Kemudian prestasi belajar siswa terlihat baik, hal ini nampak dari capaian nilai siswa untuk mata pelajaran bahasa Arab baik dengan capaian nilai rata-rata sebesar 79,72. Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:52
Last Modified: 27 Sep 2017 04:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item