PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI MTs MUHAMMADIYAH 01 TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN

ANDRIANI, BETI (2017) PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI MTs MUHAMMADIYAH 01 TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
0. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB 1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Nilai-nilai Karakter, Kantin Kejujuran Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui penerapan kantin kejujuran yang efektif untuk membentuk nilai-nilai karakter. 2) untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menerapkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui kantin kejujuran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di MTs Muhammadiyah 01 Tegalombo Kabupaten Pacitan dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru PPKn, Pengelola Kantin Kejujuran dan peserta didik dari kelas VII,VIII,dan IX. Adapun hasil penelitian sebagai berikut : 1) penerapan kantin kejujuran yang efektif untuk membentuk nilai-nilai karakter dapat dilakukan dengan cara. Pertama, manajemen sekolah harus mengoptimalkan kebijakan dan kinerja pimpinan baik dari sarana prasarana maupun pengembangan kurikulum sekolah. Kedua, proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru PPKn harus menerapkan nilai-nilai karakter yang di implementasikan melalui kantin kejujuran. Ketiga, manajemen pengelolaan kantin kejujuran harus memiliki standar operasional yang baik meliputi kerapian, kedisiplinan, kesehatan, dan kebersihan. Keempat, partisipasi peserta didik yang efektif dapat dilakukan dengan pembentukan karakter dengan memberikan sanksi tegas. 2) peran guru PPKn dalam menerapkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui kantin kejujuran memang sangat diperlukan, hal ini juga berhubungan dengan pembelajaran PPKn yang dilakukan didalam kelas oleh guru PPKn itu sendiri yang harus menuntun peserta didik supaya bisa mencermati materi yang disampaikan oleh guru kemudian dipraktikkan melalui kantin kejujuran. Oleh karena itu manajemen pengelolaan kantin kejujuran sangat berpengaruh dengan tingkat keaktifan peserta didik maupun partisipasi peserta didik. Hal ini karena pengelolaan kantin kejujuran secara baik dan disiplin akan menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi. Dengan demikian peserta didik akan lebih nyaman dan senang ketika berkunjung ke kantin kejujuran untuk melakukan proses pembentukan karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2017 07:36
Last Modified: 27 Sep 2017 07:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item