MARDIANA, DITA (2017) PERANAN MADRASAH DINIYAH DARUL FATTAH DESA GALAK KECAMATAN SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mardiana, Dita. 2017. Peranan Madrasah Diniyah Darul Fattah Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Galak dalam Pembinaan Akhlak Anak. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Ponorogo. Pembimbing (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (II) Sigit Dwi Laksono, M.Pd.I Kata Kunci: Peranan, Madrasah Diniyah, Pembinaan, Akhlak. Disamping melalui pembelajaran formal, pelajaran Aqidah Akhlak, Madrasah Diniyah Darul Fattah mengupayakan dalam pembinaan akhlak anak melalui beberapa kegiatan yakni, membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid dan materi lain seperti, Aqidah Akhlak, Ibadah Amaliyah, Qur’an Hadits, Fiqih dan Tarikh Islam. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan akhlak anak di Madrasah Diniyah Darul Fattah di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo, (2) untuk mengetahui peranan Madrasah Diniyah Darul Fattah Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo dalam pembinaan akhlak anak, dan (3) untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pembinaan akhlak anak di Madrasah Diniyah Darul Fattah. Pendekatan yang dilakukan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis, dengan alur reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan verivikasi, serta model berfikir yang digunakan adalah induktif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, (1) Bentuk-bentuk pembinaan akhlak yang dilakukan di Madrasah Diniyah Darul Fattah telah dilakukan dengan baik dan berjalan sangat efektif, yang meliputi pembinaan melalui nasihat, pembiasaan, pahala dan sanksi, serta keteladan. (2) Peranan pembinaan akhlak di Madrasah Diniyah Darul Fattah telah berhasil membentuk akhlak anak di bidang akhlak anak terhadap Allah menjadikan anak secara konsisten dan bertanggung jawab kepada ibadah dengan baik. Akhlak terhadap diri sendiri dan sesama telah mampu menjadikan anak berperilaku jujur, mencintai Raulullah dalam bentuk melaksanakan sholat rawatib, berbakti kepada orang tua dalam bentuk sikap menghormati orang tua, dan akhlak terhadap sesama dalam bentuk sikap tolong menolong kepada teman. Sedangkan akhlak anak terhadap alam semesta hasil dari pembinaan akhlak telah membentuk sikap anak peduli terhadap kebersihan lingkungan. (3) Faktor pendorong pelaksanaan pembinaan akhlak di Madrasah Diniyah Darul Fattah meliputi, motivasi diri sendiri, kesadaran orang tua, dan motivasi dari orang-orang sekitar. Faktor penghambat pelaksanaan pembinaan akhlak di Madrasah Diniyah Darul Fattah adalah terbatasnya pendanaan dan sarana prasarana yang belum lengkap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 03:43 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 03:45 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3521 |
Actions (login required)
View Item |