PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (LEARNING MEDIA) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF “AYO SINAU AKSARA JAWA”

ENGGAWATI, SYAHRULIA (2013) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (LEARNING MEDIA) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF “AYO SINAU AKSARA JAWA”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN, BAB I, DAFPUS syahrulia.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB II-V syahrulia.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK Syahrulia Enggawati PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (LEARNING MEDIA) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF “AYO SINAU AKSARA JAWA” FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA, 2013 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menggunakan bahasa sebagai media untuk melakukan percakapan kepada orang lain. Pada umumnya di Indonesia, orang-orang lebih sering menggunakan bahasa Indonesia, akan tetapi Indonesia memiliki berbagai macam bahasa yaitu bahasa daerah. Di tiap Provinsi memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Salah satu bahasa daerah yaitu bahasa Jawa, bahasa Jawa sering digunakan oleh penduduk suku bangsa Jawa di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur. Untuk mempelajari bahasa Jawa, akan lebih baiknya jika mempelajari huruf Jawa terlebih dahulu. Huruf Jawa atau yang biasa dikenal dengan aksara Jawa merupakan salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh suku Jawa karena memiliki sejarah asal mula di dalamnya. Huruf Jawa ini dapat ditemui di jalan-jalan, tempat-tempat keramaian, serta keraton yang ada di daerah Jawa Tengah. Di dalam masyarakat Jawa, huruf Jawa merupakan warisan budaya yang digunakan untuk menuliskan karya sastra yang ditulis dalam kitab-kitab, naskah-naskah Jawa kuno, tembang-tembang Jawa, prasasti-prasasti, atau dalam surat menyurat di kalangan istana dan urusan-urusan kerajaan. Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Bentuk aksara dan seni pembuatannya pun menjadi suatu peninggalan yang patut untuk dilestarikan. Mempelajari huruf Jawa hampir sama dengan mempelajari huruf/abjad yang terdapat pada bahasa Indonesia, namun kendalanya adalah kurangnya literatur yang dapat menunjang hal tersebut. Dalam belajar, seseorang tidak hanya dapat belajar dari buku melainkan dapat belajar dengan menggunakan sebuah aplikasi pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Aplikasi ini tidak harus terkoneksi dengan internet karena aplikasi pembelajaran ini menggunakan komputer. Akhir dari penelitian, penulis berkeinginan untuk membuat sebuah aplikasi yang diharapkan dapat digunakan sebagai media pengenalan serta pembelajaran huruf Jawa yang dirancang menggunakan software Adobe Flash berisikan materi tentang pokok bahasan yang akan dibuat. Kata Kunci: Aksara Jawa, Multimedia, Media Pembelajaran, Adobe Flash

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 19 Apr 2014 06:08
Last Modified: 19 Apr 2014 06:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item