UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

MUTAWAFFIKA, NISYA (2017) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Rendahnya minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah menyebabkan kesulitan belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo. IQ tinggi tidak menjadi jaminan keberhasilan siswa dalam belajar, bukan karena ketidakmampuan guru maupun siswanya, melainkan dibutuhkan kesinergian antar seluruh pihak yang terkait. Upaya-upaya itu diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam memaksimalkan sistem pembelajaran di sekolah ini. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo, (2) untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo, dan (3) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo. Pendekatan yang dilakukan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis, dengan alur reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan verivikasi, serta model berfikir yang digunakan adalah induktif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, (1) kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran bahasa arab dikarenakan peserta didik kurang dapat memahami pentingnya pembelajaran bahasa arab, peserta didik juga kurang mampu menyerap materi-materi yang disampaikan guru, sebagian peserta didik masih mengalami kesulitan belajar bahasa arab yang disebabkan cara belajar peserta didik yang kurang efektif dan kurang berkelanjutan. (2) pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo menggunakan metode drill, metode ceramah, dan menggunakan kemahiran berbahasa diantaranya keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo adalah mengadakan bimbingan khusus, mengadakan tagihan mufrodat, memberikan kosakata beserta artinya dan mengadakan evaluasi. Kata Kunci : Kesulitan, Pembelajaran Bahasa Arab, Upaya Guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:01
Last Modified: 02 Oct 2017 03:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item View Item