UPAYA SMK AL-QOLAM MAGETAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SISWA

MUHAMAD TAMZIS, TRI ARI (2017) UPAYA SMK AL-QOLAM MAGETAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Tamzis, Tri Ari Muhamad. 2017. Upaya SMK Al-Qolam Magetan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi siswa. Program Studi Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (II) Rohmadi M.P.I Kata kunci : Upaya, SMK AL-Qolam Magetan, Meningkatkan, kemampuan, menghafal Al-Qur’an. Demi terciptanya generasi yang mahir dalam bidang ilmu pengetahuan teknoligi yang sekaligus mumpuni dalam bidang agama SMK Al-Qolam Magetan disamping melaksanakan pendidikan formal yang berkompetensi Teknik Komputer Jaringan (TKJ) juga mengupayakan pendidikan Agama dalam hal ini SMK Al-Qolam Magetan memberlakukan program unggulan hafalan Al-Qur’an dengan target 12 juz yang harus dihafal siswa selama 3 tahun. Antar lain pembinaan hafalan Al-Qur’an menggunakan metode pemberian motivasi sebelum menghafal, muraja’ah jama’i. muraja’ah mandiri, membentuk lingkungan yang kondusif baik dari segi karakter maupun sarana prasarana. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui upaya SMK Al-Qolam Magetan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Quran. (2) Untuk mengetahui dampak dari upaya SMK Al-Qolam Magetan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi siswa. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk penggalian data. Kemudian untuk analisis data menggunakan teknik diskriktif analisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data kemudian verifikasi data. Dari hasil penelitian ini ditemukan hasil sebagai berikut (1) Upaya-upaya yang telah dilakukan di SMK Al-Qolam Magetan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an antara lain dengan memberikan motivasi spiritual sebelum menghafal agar semangat dalam menghafal, muraja’ah jama’I, pembentukan lingkungan yang kondusis setoran muraja’ah periodik, dengan memberi asupan nutrisi yang cukup, setoran hafalan ba’da subuh telah berjalan dengan efektif. (2) Dampak dari upaya SMK Al-Qolam Magetan dengan berhasilnya 75 % siswa menuntaskan target hafalan siswa 25 % masih kurang dari target karena kemampuan yang berbeda..(3) Faktor yang mendukung terlaksananya hafalan Al-Qur’an di SMK Al-Qolam Magetan adalah peran kakak kelas yang selalu mendampingi, kartu Kontrol hafalan, murattal Al-Qur’an. Faktor penghambat antara lain kurangnya waktu sehingga siswa memanfaatkan kesempatan istirahat untuk menghafal. dan kurangnya tenaga ustad yang benar-benar ahli dalam bidang hafalan Al-Qur’an sehingga untuk belajar dapat benar-benar maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:48
Last Modified: 02 Oct 2017 03:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item View Item