SYAMSI, MUHLIS NUR (2017) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN : 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
8. Lampiran.pdf Download (958kB) | Preview |
Abstract
Muhlis Nur Syamsi 2017. Peran Guru Agama Islam dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran PAI SD Islam Arrisalah Slahung Ponorogo. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr.Nurul Iman, Lc.M.HI, Pembimbing (II) Rohmadi, M.PI Kata Kunci: Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI Salah satu pendidikan Dasar berbasis Pesantren adalah Sekolah Dasar Islam Arrisalah. Yaitu merupakan suatu lembaga pendidikan Islam ala pesantren, yang mendidik para santri sesuai dengan petunjuk Allah SWT, dan tuntunan Rasulullah SAW. Dalam aplikasinya sekolah dasar Islam diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetaui proses pembelajaran, tahapan pembelajaran yang dipakai dalam meningkatan Pendidikan Agama Islam dan peran guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di SD Islam Ar-Risalah Slahung Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Yaitu analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yakni: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan; (1) Para siswa telah memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam utamanya dilingkungan sekolah dan di rumah pada umumnya. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Arrisalah dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa meliputi: Guru Pendidikan agama Islam Mampu menjadi motifator, fasilitator, mediator, evaluator dengan baik. (3) Setrategi yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam adalah melalui kegiatan jama’ah shalat dhuha, shalat dhuhur, kegiatan keagamaan dan selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensinya terutama kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial demi peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Arisalah kecamatan Slahung kabupaten Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 04:35 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 04:35 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3538 |
Actions (login required)
View Item |