EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI PADA ANAK DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN ANAK SHOLEH ( PAS ) BAITUL QUR’AN GONTOR

Nurdina Murti, Candra Septa (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI PADA ANAK DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN ANAK SHOLEH ( PAS ) BAITUL QUR’AN GONTOR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV (Repaired).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB V dan daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan latar belakang masalah yang mana ada kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Karena di dalam ayat AlQur’an terdapat ayat-ayatnya yang panjang sehingga mengakibatkan kurang lancar, bahkan kurang fasih dalam membaca Al-Qur’an. Kesulitan tersebut diakibatkan karena pada tingkat dasar belum sepenuhnya memahami ilmu tajwid, jadi anak seringkali hanya sekedar bisa mengaji saja. kurang adanya minat belajar santri, sehingga prestasi belajar anakpun tidak bisa meningkat. Peneliti mengambil lokasi penelitian di MI PAS Baitul Qur’an dengan alasan, karena mulai berdiri sekolah tersebut sejak 6 tahun yang lalu balai penelitian dan pengembangan kurikulum madrasah dan pengurus madrasah merekomendasikan untuk menggunakan metode UMMI, dan ada beberapa ustadz dan ustadzah yang sudah bersertifikasi UMMI dari UMMI Foundation Surabaya. Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka dalam kesempatan ini disampaikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana pembelajaran AlQur’an di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor kelas 3? Seberapa efektifkah pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI pada peserta didik kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor? Dan seberapa efektifkah pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI terhadap minat belajar santri dan prestasi belajar santri kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh ( PAS ) Baitul Qur’an Gontor ? selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektifkah pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI di madrasah tersebut pada anak didik kelas 3 Instrument yang digunakan selama pengumpulan data adalah lembar obsevasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsif kuantitatif, yaitu dengan mengumpulkan data, menganalisis, mengolah, dan mereduksinya menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian dari uraian-uraian dan analisis yang telah dikemukakan tentang efektifitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI pada anak didik kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh terbukti cukup efektif dengan menjadikan minat belajar dan prestasi belajar siswa sebagai tolok ukur suatu keefektifan suatu pembelajaran, dengan ditandai hasil akhir dari sebuah penghitungan korelasi produk moment yang menunjuk angka 0,50. Kata Kunci : efektifitas, Pembelajaran, Al-Qur’an, UMMI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:48
Last Modified: 02 Oct 2017 04:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item