RELEVANSI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TRADISIONAL TERHADAP PENDIDIKAN MODERN

SRIYANTO, NANANG (2017) RELEVANSI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TRADISIONAL TERHADAP PENDIDIKAN MODERN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Dalam bidang pendidikan, pesantren dapat dikatakan kalah bersaing dalam menawarkan suatu model pendidikan kompetitif yang mampu melahirkan out put (santri) yang memiliki kompetensi dalam penguasaan ilmu sekaligus skill sehingga dapat menjadi bekal terjun kedalam kehidupan sosial yang terus mengalami percepatan perubahan akibat modernisasi yang ditopang kecanggihan sains dan teknologi. Kegagalan pendidikan pesantren dalam melahirkan sumber daya santri yang memiliki kecakapan dalam bidang ilmu-ilmu keislaman dan penguasaan teknologi secara sinergis berimplikasi terhadap kemacetan potensi pesantren sebagai salah satu agents of social change dalam berpartisipasi mendukung proses transformasi sosial bangsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan Islam di Pondok Pesantren Munzalam Mubaroka Bulukerto? (2) Bagaimana praktik pendidikan Islam di Pondok Pesantren Munzalam Mubaroka Bulukerto ? (3) Bagaimana relevansi pendidikan tradisional di Pondok Pesantren Munzalam Mubaroka Bulukerto terhadap model pendidikan modern? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Konsep pendidikan Islam di Pondok Pesantren. (2) Mengetahui praktik pendidikan Islam di Pondok Pesantren. (3) Mengetahui relevansi pendidikan tradisional di pondok pesantren Munzalam Mubaroka Bulukerto terhadap model pendidikan modern. Hasil pembahasan dapat disampaikan bahwa: (1) Pondok Pesantren Munzalam Mubaroka Wonogiri menggunakan konsep pendidikan Islam secara tradisional, materinya, gurunya dan santri atau siswanya. Dengan demikian pola pembelajaran menggunakan cara-cara yang tradisional, tanpa mengikuti aturan atau tatanan yang sistematis. (2) Praktek Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Munzalam Mubaroka Wonogiri yaitu dengan menjalankan pembelajaran secara tradisional. (3) Relevansi Pendidikan Islam tradisional di Pondok Pesantren Munzalam Mubaroka Wonogiri dengan pendidikan modern, karena memenuhi ciri-ciri, yaitu: (a) Pendidikan menyentuh setiap aspek kehidupan peserta didik. (b) Pendidikan merupakan proses belajar yang terus menerus. (c) Pendidikan dipengaruhi oleh kondisi-kondisi dan pengalaman, baik di dalam maupun diluar situasi sekolah. (d) Pendidikan dipersyarati oleh kemampuan dan minat peserta didik. (e) Tepat tidaknya situasi belajar dan efektif tidaknya cara mengajar Kata Kunci: Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional, Pendidikan Modern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:56
Last Modified: 02 Oct 2017 05:56
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item