STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MUHAMMADIYAH PIJERAN SIMAN PONOROGO

UMAM, AHMAD KOIRUL (2017) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MUHAMMADIYAH PIJERAN SIMAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
2. Bab I choy.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II choy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB III choy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
5. BAB IV choy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
6. BAB V choy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran memiliki strategi pembelajaran bahasa Arab yang bagus yaitu dalam pembelajaranya guru sudah menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang bersifat menyenangkan sehingga siswa tidak terlalu mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Hal tersebut yang menjadi alasan peneliti memilih judul Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran Siman Ponorogo. Selain itu penulis mengetahui bahwa belum ada penelitian sejenis pada lembaga pendidikan non formal khususnya madrasah diniyah awwaliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian pembelajaran bahasa Arab, strategi peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab, dan untuk mengetahui hambatan dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab di lingkungan Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran Siman Ponorogo serta bagaimana cara mengatasi berbagai hambatan tersebut. Teknik yang digunakan selama pengumpulan data adalah melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu teknik analisis data yang terkait dengan rumusan masalah, selanjutnya data yang terkumpul diproses dan disusun dengan memberikan penjelasan atas data yang terkumpul berdasarkan realitas dan membentuk sebuah kesimpulan-kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) capaian pembelajaran bahasa Arab yang ada di Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran dibuat dengan mempertimbangkan usia dan daya nalar yang dimiliki oleh peserta didik dalam rangka mewujudkan capaian tersebut, (2) Strategi peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan berbagai cara yang berfokus pada metode pembelajaran yang digunakan. Dalam hal ini guru lebih sering menggunakan model card sort dan role play. Selain itu juga diadakan evaluasi harian, UTS, dan UAS serta guru selalu memberi motivasi-motivasi kepada siswa (3) hambatan-hambatan yang ditemui, diantara hambatan itu dipengaruhi oleh dua faktor yaitu: a) faktor linguistik yaitu kefasihan, kefahaman dan hafalan peserta didik yang berbeda-beda, b) faktor non linguistik yaitu waktu yang terbatas, kurangnya sarana dan prasarana, terbentur dengan ekstrakurikuler sekolah pagi, terkadang ada kegiatan-kegiatan masyarakat, dan faktor alam seperti hujan yang sangat deras. Dengan adanya hambatan-hambatan dalam proses belajar mengajar tersebut, maka masih sangat diperlukan upaya-upaya untuk mengatasinya dengan lebih mengedepankan faktor-faktor pendukung sebagai suatu pijakan dalam pengembangan dan peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran. Kata kunci : strategi, peningkatan mutu, pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:24
Last Modified: 02 Oct 2017 06:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3547

Actions (login required)

View Item View Item