Problematika Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo Tahun 2017/2018

KADARWATI, ITA YULI (2017) Problematika Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo Tahun 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Hafalan Al-Qur’an merupakan suatu aktivitas menanamkan suatu materi ayat di dalam ingatan. Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo yang menggunakan sistem semi pesantren dan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pondok lain diantaranya: sistem pembinaan menggunakan sistem pengasuhan keluarga, satu tahun Tahsin yang bertujuan untuk pengenalan dan persiapan menghafal juz selanjutnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo tahun 2017/2018. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo tahun 2017/2018. (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dengan adanya proses dan metode yang digunakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo (4) untuk mengetahui problematika dan cara mengatasi problematika yang terjadi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo Obyek Penelitian ini adalah: Ustadzah, Direktur dan santri yang ada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo. Teknik Pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Data yang terkumpul terkait problematika menghafal Al-Qur’an, dianalisis sesuai kualitatif. Hasil Penelitian disimpulkan (1) di PPTQ ‘Aisyiyah Ponorogo proses menghafal adalah di tahun pertama santri hanya pengenalan dan penyelarasan bacaan (tahsin) tahun kedua dan ke 3 yaitu Tahfizh (2) metode yang diterapkan di PPTQ ‘Aisyiyah Ponorogo adalah dengan Metode Qudwah artinya teladan, Metode Talqin yaitu metode dengan cara menuntun santri untuk menirukan bacaan Al-Qur’an Ustadzah, Metode Face to Face (Mulazamah), Talaqi dan Tikrar, memahami ayat dengan memahami arti. (3) target hafalan santri adalah 3 tahun hafal 6 juz (4) problematika yang dihadapi adalah pengaturan waktu, kesehatan, ayat sulit dan hafalan kurang lancar (4) solusi membuat jadwal harian, perhatian khusus terhadap ayat sulit dah hafalan sering diulang-ulang (muraja’ah) Dengan berpijak data di atas peneliti menyarankan hendaknya meluruskan niat hafalan Al-Qur’an mereka. Jangan sampai mereka hanya beranggapan bahwa menghafal Al-Qur’an yang sedang dijalani hanya untuk menggugurkan sebagian kewajibannya yaitu belajar. Tetapi meluruskan niat masingmasing santri, yang hanya diniatkan Karena Allah SWT. Kata Kunci: Problematika, Hafalan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 08:12
Last Modified: 02 Oct 2017 08:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item