MEDIA SOSIAL DAN TINDAKAN SOSIAL (STUDI KASUS PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP TINDAKAN PENGGANTIAN PATUNG HARIMAU CISEWU)

SEKARIYANTI, WIDY (2017) MEDIA SOSIAL DAN TINDAKAN SOSIAL (STUDI KASUS PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP TINDAKAN PENGGANTIAN PATUNG HARIMAU CISEWU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (574kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Media sosial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari komunikasi masyarakat modern. Penggunaan media sosial yang telah pada tingkat masif sering memunculkan berbagai viral. Salah satunya viral meme Patung Harimau Cisewu. Patung didepan kantor Koramil 1123 Cisewu, Garut, Jawa Barat tersebut banyak diperbincangkan dimedia sosial luar dan dalam negeri karena tampilanya yang dianggap lucu, tidak menceriminkan identitas TNI yang gagah dan berwibawa. Setelah banyak diperbincangkan di media sosial akhirnya pihak Kodam Siliwangi menggambil tindakan untuk merobohkan patung Harimau lama dan menggantinya dengan patung baru. Untuk memahami situasi, menafsirkan serta spesifik dan mendalam mengenai bagaimana peran media sosial terhadap tindakan pembongkaran Patung Harimau Cisewu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Media sosial memungkinkan satu sama lain terintegrasi, berhubungan, dan saling mempengaruhi. Hal ini lah yang memberikan ruang media sosial memiliki peran pada berbagai tindakan sosial yang terjadi di masyarakat. Berdasarkan teori stimulus-respon, tindakan yang terjadi adalah respon dari sebuah stimuli. Pada kasus ini stimuli berupa gambar patung harimau cisewu pertama kali diungggah dimedia sosial twitter dan dengan transmisi pesan melalui meme. Tindakan sosial yang terjadi pada kasus ini adalah berupa respon masyarakat. Terdapat dua jenis respon, pertama respon dunia maya (cyberspace) berupa komentar, like, tweet, retweet, hashtag, dll. Kedua respon dikehidupan nyata (real world), seperti game android, berbagai produk clothing, komik marvel, yang terinspirasi dari patung Harimau Cisewu, pembongkaran Patung Harimau Cisewu, evaluasi seluruh patung di daerah Kodam Siliwangi, peresmian patung Harimau Cisewu baru, dll. Kata Kunci : Peran, Media sosial, Meme, Stimulus Respon, Tindakan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:46
Last Modified: 05 Oct 2017 03:46
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3570

Actions (login required)

View Item View Item