PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KAUMAN

LAILATUL MUNAWAROH, UMI (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KAUMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan model pembelajaran Treffinger pada pembelajaran matematika, (2) mendeskripsikan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada pembelajaran matematika, (3) mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Ponorogo yang terdiri dari delapan kelas serta sampel adalah kelas VIII B dan kelas VIII D. Kelas VIII B diberikan perlakuan model pembelajaran Treffinger dan kelas VIII D diberikan perlakuan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis mana yang lebih baik antara perlakuan model pembelajaran Treffinger dan perlakuan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) adalah menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperolah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman. Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:49
Last Modified: 05 Oct 2017 03:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item View Item