PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIA MTs MUHAMMADIYAH 10 PONOROGO

YULIA YUSTANTIN, EMA (2017) PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIA MTs MUHAMMADIYAH 10 PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (446kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Media yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah media pembelajaran Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan media Mind Map dalam pembelajaran matematika, (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media Mind Map. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus I terdiri dari 4 pertemuan, sedangkan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Muhammadiyah 10 Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket motivasi dan lembar observasi. Angket motivsi diberikan sebelum dan sesudah dilakukan siklus I dan sesudah dilakukan tindakan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari analisis angket motivasi sebelum tindakan siklus I, setelah tindakan siklus I dan setelah tindakan siklus II. Hasil angket menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada indikator motivasi belajar siswa. Adapun peningkatan hasil angket setelah siklus I dan siklus II terlihat pada peningkatan persentase pada indikator tekun dalam menghadapi tugas meningkat dari 53% ke 69%. Ulet menghadapi masalah meningkat dari 56% ke 71%. Senang mencari dan memecahkan masalah meningkat dari 63% ke 75%. Lebih senang bekerja mandiri meningkat dari 63% ke 75%. Dapat mempertahankan pendapatnya meningkat dari 53% ke 76%. Kata Kunci: motivasi belajar, minat belajar, model Mind Map

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:34
Last Modified: 10 Oct 2017 03:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item