PERAN ORANG TUA DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH (3-6 TAHUN) Di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Jintap Jetis Ponorogo

Aryani , Jen Ratna (2013) PERAN ORANG TUA DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH (3-6 TAHUN) Di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Jintap Jetis Ponorogo. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
SAMPUL KTI.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Peran menunjuk kepada beberapa set perilaku yang kurang bersifat homogen, yang didefinisikan dan diharapkan secara normatife dari seseorang dalam situasi tertentu. Jika peran masyarakat baik peran orang tua akan baik pula, sehingga orang tua tersebut akan mengutamakan anak untuk menjadi mandiri. Mandiri berarti keadaan dapat berdiri sendiri, tidak bergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam melatih kemandirian anak usia pra sekolah (3-6 tahun) di BA Aisyiyah Jintap Jetis Ponorogo. Desain yang digunakan adalah deskriptif. Populasinya adalah seluruh orang tua yang memiliki anak usia pra sekolah (3-6 tahun) di BA Aisyiyah Jintap Jetis Ponorogo dengan sampel sejumlah 44 responden. Tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan skor T. Peran baik bila T > MT dan peran buruk bila T ≤ MT. Hasil penelitian ini menunjukkan 21 responden (47,73%) memiliki peran baik dalam melatih kemandirian anak usia pra sekolah (3-6 tahun). Sedangkan 23 responden (52,27%) memiliki peran buruk dalam melatih kemandirian anak usia pra sekolah (3-6 tahun). Peningkatan kemandirian anak usia pra sekolah dapat dimulai dikeluarga. Hal ini dapat dilakukan oleh orang tua yang paling dekat. Untuk itu dituntut peran positif orang tua dalam melatih kemandirian anak sejak dini. Hasil penelitian direkomendasikan peneliti selanjutnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak usia pra sekolah (3-6 tahun). Kata kunci: Peran, Orang Tua, Kemandirian Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 21 Apr 2014 04:08
Last Modified: 21 Apr 2014 04:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item