IMPLEMENTASI EVALUASI RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SEKOLAH KREATIF SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN

INAYAH, ELY (2017) IMPLEMENTASI EVALUASI RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SEKOLAH KREATIF SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Ranah Afektif, Sekolah Kreatif. Implementasi ranah afektif sangat penting dan dibutuhkan untuk mempersiapkan peserta didik untuk mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu menciptakan manusia pintar dan terampil tetapi juga beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudaya. Pentingnya evaluasi ranah afektif pembelajaran akidah akhlak didasarkan pada konsep pembentukan manusia yang berkepribadian Islami diawali dan didasarkan dengan pendidikan akidah maupun akhlak. Mengenai pelaksanaan pendidikan akhlak di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun di integrasikan kedalam semua mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi ranah afektif di SD Muhammadiyah, dengan sub fokus mencakup: (1) bagaimanakah persiapan evaluasi ranah afektif dalam pembelajaran akidah akhlak, (2) bagaimana pelaksanaan evaluasi ranah afektif dalam pembelajaran akidah akhlak di SD Muhammadiyah Kota madiun, (3) bagaimana sistem pelaporan evaluasi ranah afektif di SD Muhammadiyah Kota Madiun Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif yang mengandung empat komponen yang saling berkaitan, yaitu: pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data, dan penarikan dan pengajuan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Persiapan implementasi evaluasi ranah afektif di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah dengan upaya pembenahan secara intern yaitu konsep keteladanan sumber daya manusia, membangun jiwa stakeholders untuk ikhlas bekerja, meningkatkan mutu SDM, membangun ekonomi produktif, peningkatan pelayanan kepada siswa, (2) Pelaksanaan system pembelajaran yang diterapkan Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah menggunakan konsep belajar sambil bermain, desain kelas yang inovatif, menerapkan kelas kecil dengan jumlah siswa maksimal duapuluh lima anak yang dibina oleh dua guru. (3) Sistem pelaporan yang diterapkan dalam mapel agama maupun mapel umum model evaluasinya tidak berlaku lagi model konvensional. Penilaian tidak hanya secara kuantitatif (angka-angka di raport) tetapi juga secara kualitatif dalam bentuk narasi. kepada wali murid setiap ulangan sumatif dan formatif secara on line dalam sistem si pinter secara rutin dan transparan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:06
Last Modified: 19 Oct 2017 04:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item