UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL REMAJA (Studi Kasus SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek)

ARIFIN, ARIFIN (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL REMAJA (Studi Kasus SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (14MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Dewasa ini kondisi remaja sangat memprihatinkan terkait dengan ketidakmampuan mereka dalam melakukan kontrol diri (self control). Akibat ketidakmampuan remaja dalam mengontrol diri inilah akhirnya muncul degradasi moral, seperti pergaulan bebas, perkelahian, sex bebas bahkan sampai tidak kriminal. Kondisi ini terjadi begitu masif di berbagai tempat, termasuk di Trenggalek, baik mereka yang mengenyam pendidikan tingkat SMP, SMA ataupun SMK, Tak terkecuali di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek. Melihat fenomena seperti ini, maka peran orang tua, keluarga, dan juga guru, dalam setiap level pendidikan amatlah penting, terutama guru yang mengampu mata pelajaran yang berkaitan langsung dengan perbaikan moralitas, salah satunya adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Untuk itu penulis melakukan penelitian tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control remaja (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek). Alasan penulis memilih SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek sebagai tempat penelitian karena lembaga yang dibawah naungan Muhammadiyah terkenal dengan pendidikan yang bagus dan modern, namun ternyata fenomena penyimpangan perilaku banyak ditemui disana. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pembelajaran guru PAI di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek, bagaimana upaya-upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek, hasil apa yang dicapai dalam meningkatkan self control siswa di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat terhadap upaya peningkatan self control siswa di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Lapangan, dimana data dikumpulkan dengan metode oservasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode utama. Hasil penelitian ini adalah, pertama; pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek sudah berjalan dengan baik, kedua; ada upaya - upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan self control siswa yang terdiri dari cara terstruktur dan tidak terstruktur, ketiga; ada hasil yang nampak dari upaya peningkatan self control, namun belum maksimal, keempat; faktor pendukung upaya peningkatan self control di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek diantaranya, dukungan dari kepala sekolah, lokasi sekolah yang berdampingan dengan masjid Agung Trenggalek sebagai pusat ibadah, dukungan dari narasumber seminar keagamaan dan dukungan wali murid terhadap penerapan sanksi. Adapun faktor penghambatnya diantaranya adalah kurangnya guru pendamping pembiasaan sholat Duhur dan Duha berjamaah, kesibukan guru untuk memenuhi administrasi pembelajaran menyebabkan kurang terbinanya IPM sebagai penitia kegiatan seminar keagamaan, sehingga tidak bisa berjalan secara berkala, kurangnya jam pelajaran PAI, heterogenitas latar belakang siswa dan kurang meratanya profesionalitas guru dalam mengajar. Kata kunci : pendidikan Agama Islam, self control, remaja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:17
Last Modified: 19 Oct 2017 04:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item