GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MTsN JETIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA GURU

Dzulfikar, Dafiki (2017) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MTsN JETIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA GURU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (755kB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MTsN Jetis peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumen tertulis. Banyak tuntutan terhadap kinerja kepala sekolah masih belum dapat dipenuhi dan sebagian guru masih memiliki kinerja yang rendah terhadap tugasnya. Sehingga banyaknya jumlah warga sekolah, jika tidak dikelola dengan baik, tentunya akan menyebabkan banyak permasalahan. Faktanya, Sejauh ini hampir seluruh program besar MTsN Jetis berjalan dengan baik. Termasuk capaian-capaian di luar target minimal yang mestinya 2 atau 3 tahun nanti, tapi dapat terlaksana dalam 1 tahun. Dari fenomena inilah pastinya ada sesuatu yang lebih dari lembaga ini. Karena kesuksesan sebuah organisasi atau lembaga dipengaruhi oleh peran seorang pemimpin yang dibantu oleh kinerja yang baik dari para staff guru dan karyawannya. Selanjutnya penulis tertarik mengadakan penelitian di MTsN Jetis dimaksudkan untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dan Implikasinya terhadap Kinerja Guru dengan menerapkan kecerdasan emosionalnya di MTsN Jetis. Sehingga Kinerja Guru MTsN Jetis sangat bagus. Dari hasil itulah diharapkan dapat meningkatkan usaha pengelolaan sekolah agar penyelenggaraan pendidikan dapat lebih efektif, efisien dan menghasilkan produk yang berkualitas. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah MTsN Jetis dan Implikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. pendekatan deskriptif, data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematis, mengenai masalah yang akan dikaji oleh peneliti. Dari hasil penelitian ini menunjukkan Gaya Kepemimpinan kepala sekolah MTsN Jetis adalah Gaya Demokrasi dan Implikasinya terhadap Kinerja Guru sangat baik dan kuat dengan adanya penggunaan gaya kepemimpinan, didukung dengan kecerdasan emosional yang baik. Kemudian Kendala- kendala Kepemimpinan kepala sekolah dan pengaruhnya terhadap Kinerja Guru sudah teratasi yaitu dengan menerapkan Pemberdayaan guru, diklat-diklat, meningkatkan kedisiplinan dan komunikasi serta interaksi. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:39
Last Modified: 19 Oct 2017 04:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item