Resmayanti, Ima (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI PONOROGO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pondok Pesantren Darul Fikri adalah pondok pesantren yang ada di kabupaten Ponorogo. Berdiri sejak tahun 1991 M, Menggunakan metode salafiyah al-haditsah, dengan maksud bahwa Pondok Pesantren Darul Fikri melestarikan metode lama yang baik dan mengembangkan metode baru yang lebih baik, mulai dari sistem pembelajarannya maupun kurikulumnya. pesantren sebagai institusi pendidikan untuk melakukan akselerasi dan transformasi yang cukup signifikan. Jika dahulu ruang lingkup output terbatas pada dimensi keagamaan saja, maka saat ini lulusan pesantren diharapkan dapat banyak berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat untuk mewujudkan itu semua maka sistem kelembagaan pesantren harus di kelola secara modern baik dari segi administrasi, sistem pengajaran, metode, maupun kurikulumnya. pesantren, dengan teologi yang dianutnya hingga kini, ditantang dengan globalisasi secara aktif dan bijak. Pesantren harus mampu menjadi solusi yang benar-benar mencerahkan sehingga pada satu sisi dapat menumbuh kembangkan kaum santri yang memiliki wawasan luas yang tidak gampang menghadapi modernitas dan sekaligus tidak kehilangan jati dirinya, dan pada sisi lain dapat menghantarkan masyarakat menjadi komunitas yang menyadari tentang persoalan yang di hadapi dan mampu mengatasi dengan penuh kemandirian dan peradaban. Oleh karena itu, inovasi dan pembaharuan dalam penataan kurikulum perlu direalisasikan, yaitu dengan merancang kurikulum yang mengacu pada tuntutan masyarakat sekarang dengan tidak meninggalkan karakteristik pesantren yang ada. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mana bertujuan mendapatkan gambaran mendalam tentang model pengembangan sistem pendidikan Islam modern. Dalam penelitian ini peneliti memahami makna yang mendasari tingkah laku partisipan, mendeskripsikan tipe-tipe informasi, dan mendeskripsikan fenomena terkait dengan pengembanga metode dan materi pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren Darul Fikri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pondok Pesantren Darul Fikri adalah pesantren yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik dengan metode lama sebagai inti pendidikannya, dan menerapkan metode baru dengan metode klasikal/madrasah. Kedua, Pondok Pesantren Darul Fikri dalam melakukan pengembangan materi pembelajaran modern dengan merancang kurikulum yang mengacu pada tuntutan masyarakat sekarang yaitu mengajarkan materi umum yang mengacu pada kurikulum pemerintah dengan tidak meninggalkan karakteristik pesantren yang ada. Kata Kunci: Pengembangan Metode, pengembangan Materi Pembelajaran, dan Pendidikan Pesantren.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 05:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 05:04 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3698 |
Actions (login required)
View Item |