SURYANI, ARI (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 JENANGAN PONOROGO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI HIMPUNAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
ARTIKEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Suryani, Ari. 20014. Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 2 Jenangan Ponorogo Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada materi Himpunan Tahun Ajaran 2013/2014. Pembimbing Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Prestasi Belajar, Aktivitas Siswa, Respon Siswa. Pada proses pembelajaran diketahui bahwa guru sering menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan monoton seperti ceramah, sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah sehingga berpengaruh pada prestasi belajar. Salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan prestai belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif. 2) untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif. 3) untuk mengetahui respon siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jenangan Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2013/204 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2014. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini siswa dilatih untuk aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2013/2014 yaitu pada siklus I rata-rata yang diperoleh adalah 64,03 dan pada siklus II naik menjadi 76,34. Ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 53,84 % kemudian naik pada siklus II menjadi 76,92 %. Penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 yaitu analisis aktivitas siswa secara garis besar kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran Kooperatif sudah dilaksanakan dengan baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif cukup tinggi (positif). Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perolehan persentase respon positif siswa terhadap pembelajaran yang cukup tinggi yaitu 86,06%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 01:25 |
Last Modified: | 22 Apr 2014 01:25 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/372 |
Actions (login required)
View Item |