SULAIKAH, SITI (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PMR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KISMANTORO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Siti Sulaikah. 2013. Efektivitas Penggunaan Pendekatan PMR Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 KismantoroTahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) lebih efektif jika di bandingkan dengan metode konvensional pada materi hitung operasi pecahan; 2) untuk mengetahui Apakah siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi mempunyai prestasi belajar matemetika lebih baik di bandingkan siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang dan rendah dan siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik di bandingkan dengan siswa dengan kreativitas belajar matematika rendah pada pembelajaran matematika pada materi operasi hitung pecahan; 3) untuk mengetahui ada dan tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan kreativias belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kismantoro Kelas VII tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VII-E yang berjumlah 68 siswa, dengan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode tes dan angket. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorof smirnov, kemudian dilakukan uji homogenitas dengan uji Levene. Instrumen divalidasi oleh validator. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dengan bantuan software SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) lebih efektif dari pada metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan; 2) Siswa dengan kreativitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah dan siswa dengan kreativitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar rendah pada pembelajaran matematika pada materi operasi hitung pecahan; 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan kreativias belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 01:40 |
Last Modified: | 22 Apr 2014 01:40 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/374 |
Actions (login required)
View Item |