ANALISIS PENGARUH KINERJA PRODUK, REPUTASI MEREK, PERSEPSI NILAI DAN IKATAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Aziz, Ihsanudin (2014) ANALISIS PENGARUH KINERJA PRODUK, REPUTASI MEREK, PERSEPSI NILAI DAN IKATAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN-bab 1 Ihsanudin Aziz.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB II-V.pdf Ihsanudin Aziz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi semakin ketatnya persaingan dunia bisnis terutama pada bidang telekomunikasi, berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba menggungkap suatu masalah “apakah kinerja produk, reputasi merek, persepsi nilai dan ikatan emosional berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Indosat IM3 pada mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo? Dan penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas pelanggan terhadap produk IM3 kususnya pada mahasiswa yang menggunakan produk IM3 di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel, kinerja produk (X1), reputasi merek (X2), persepsinilai (X3), dan ikatan emosional (X4) terhadap loyalitas (Y). Dalam penelitian ini data diperoleh melalui metode kuisioner terhadap 75 orang responden pengguna IM3 di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis data yang dilakukan dengan analisis kuantitatif, yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis lewat uji F dan uji T serta analisis koifisien determinasi dan korelasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas, sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 1,136 + 0,323 X1 + 0,041 X2 + 0,245 X3 + 0,328 X4+ e Hasil analisis data mendapatkan bahwa keempat faktor kinerja produk, reputasi merek, persepsi nilai dan ikatan emosional. Kemudian hasil uji F menunjukkan bahwa pengaruh secara bersamaan dari seluruh variabel independen (kinerja produk, reputasi merek, persepsi nilai dan ikatan emosional) terhadap loyalitas pelanggan pada produk IM3 menunjukkan hasil yang signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dari besarnya nilai F sebesar 26,142 dengan tinggkat signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05).Sementara itu, hasil perhitungan koefisien korelasi dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel independen dalam penelitian ini memiliki hubungan yang kuat/ erat yaitu R = 0,774 atau 77,4%.Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel independen dalam penelitian ini mampu menjelaskan 57,6% mengenai loyalitas pelanggan IM3 di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Admin FE
Date Deposited: 22 Apr 2014 02:24
Last Modified: 22 Apr 2014 02:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item